PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK
1. Sumber Daya Manusia
• Apotek dikelola oleh seorang apoteker yang profesional.
Kuesioner Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek |
• Apoteker senantiasa memiliki kemampuan menyediakan dan memberikan pelayanan yang baik, termasuk dalam mengambil keputusan yang tepat,mampu berkomunikasi antar profesi.
• Apoteker mampu menempatkan diri sebagai pimpinan dalam situasi multidisipliner dan mampu mengelola SDM secara efektif.
• Apoteker selalu belajar sepanjang karier dan membantu memberi pendidikan serta memberi peluang untuk meningkatkan pengetahuan.
2. Sarana dan prasarana di apotek
• Terdapat papan nama apotek.
• Apotek memiliki ruang tunggu (tempat duduk).
• Terdapat tempat untuk mendisplai informasi bagi pasien atau tempat brosur.
• Ruang tertutup konseling bagi pasien.
• Terdapat ruang racikan
• Tersedianya tempat pencucian alat perabotan dan apotek tertata rapi
3. Pengelolaan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan
• Apoteker berperan langsung dalam pengelolaan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan di apotek (pengadaan, perencanaan, dan penyimpanan).
• Dalam perencanaan pengadaan sediaan farmasi di apotek mempertimbangkan :
1. Kemampuan masyarakat
2. Budaya masyarakat
3. Pola penyakit
• Pengadaan sediaan farmasi harus melalui jalur resmi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
• Penyimpanan obat/bahan obat dalam wadah asli dari pabrik. Dalam hal pengecualian atau darurat dimana isi dipindahkan pada wadah lain.
• semua bahan obat harus disimpan pada kondisi yang sesuai, layak dan menjamin kestabilan bahan.
4. Administrasi
• Apoteker melakukan pencatatan narkotik, psikotropik dan pengarsipan resep.
• Apoteker membuat catatan pengobatan (medication record) untuk pasien dengan resep.
5. Pelayanan resep
• Skrining resep
1. Apoteker terjun langsung dalam pelayanan resep
2. Apoteker melakukan skrining resep meliputi persyaratan administratif, kesesuaian farmasetik dan pertimbangan klinis.
3. Konsultasi dengan dokter penulis resep jika ada keraguan terhadap resep.
• Penyiapan obat
a. Apoteker terjun langsung dalam peracikan obat.
b. Apoteker sendiri yang menulis etiket dan menyerahkan obat pada pasien
c. Informasi obat yang diberikan kepada pasien meliputikhasiat obat,dosis obat, cara pemakaian, frekuensi pemakaian, waktu pemakaian, lama pemakaian, efek samping obat, makanan atau minuman yang harus dihindari atau dibatasi, aktivitas yang harus dihindari atau dibatasi, cara penyimpanan serta cara pembuangan sisa obat.
• Konseling
a. Apoteker memberikan konseling kepada pasien dengan atau tanpa resep.
b. Untuk pasien penyakit kronis, apoteker memberikan konseling rutin.
• Monitoring penggunaan obat.
Apoteker melakukan pemantauan penggunaan obat untuk pasien penyakit kronis.
• Promosi dan edukasi
Apoteker berpartisipasi secara aktif dalam layanan informasi kesehatan melalui penyuluhan leaflet, brosur, atau poster.
• Pelayanan residensial
Apoteker melakukan pelayanan kefarmasian yang bersifat kunjungan rumah (home care) untuk pasien dengan penyakit kronis.
KUISIONER KONSUMEN
Kuesioner Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kab
A. Identitas Responden1. Umur : th
2. Jenis kelamin : a. laki-laki
b. perempuan
3. Pendidikan terakhir yang pernah ditempuh:
a. Tidak tamat sekolah d. SLTA/Sederajat
b. SD/Sederajat e. D3/S1
c. SLTP/Sederajat f. S2/S3
4. Pekerjaan
a. Pelajar/Mahasiswa e. Wiraswasta
b. Pegawai negeri sipil/ABRI f. Petani
c. Pegawai swasta g. Lain nya......
d. Ibu rumah tangga
5. Pendapatan yang diperoleh perbulan (Rupiah ):
a. Belum berpenghasilan d. Rp 1.500.000 - 2.000.000
b. < 5.00.000 e. Rp 2.000.000 – 2.500.000
c. Rp 500.000 – 1.500.000 f. > Rp 2.500.000
B. Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek
Jawablah pernyataan di bawah ini sesuai pengamatan anda dalam menerima layanan kefarmasian di apotek dengan memberikan tanda centang “√” pada kolom yang paling sesuai dengan ketentuan:
SP : Sangat Penting
P : Penting
CP : Cukup Penting
KP : Kurang Penting
TP : Tidak Penting
No PERTANYAAN TP KP CP P SP
A. SUMBER DAYA MANUSIA
1. Apoteker berada di apotek selama jam buka
2. Apoteker dapat secara cepat memberikan pelayanan kepada pasien
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)
B. SARANA DAN PRASARANA DI APOTEK
5. Terdapat papan nama apotek sebagai penunjuk keberadaan apotek
6. Tersedianya ruang tunggu yang nyaman di apotek
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)
C. PENGELOLAAN SEDIAAN FARMASI DAN PERBEKALAN LAINNYA
10. Obat yang disediakan di apotek dalam berbagai tingkat harga yang bisa di jangkau oleh masyarakat
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)
D. PELAYANAN RESEP
Skrining Resep
13. Apoteker berperan langsung dalam melayani resep kepada pasien
14. Apoteker terjun langsung dalam melayani peracikan obat untuk pasien
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download) Konseling
17. Apoteker memberikan konseling dengan atau tanpa resep kepada pasien
18. Apoteker memberikan konseling rutin untuk pasien penyakit kronis
Monitoring penggunaan obat
19. Apoteker melakukan pemantauan penggunaan obat untuk pasien penyakit kronis
Promosi dan Edukasi
20. Apoteker berpartisipasi aktif dalam layanan informasi kesehatan melalui penyuluhan leaflet, brosur atau poster kepada pasien
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)
Silahkan download selengkapnya 47 pertanyaan Kuesioner KTI Skripsi Judul
"Kuesioner Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kabupaten" klik dibawah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
no spam no live link, thanks