Kuesioner Tingkat Pengetahuan Ibu Mengenai Keputihan Fisiologi dan Patologi di Praktek (kode190)

KUESIONER PENELITIAN
Pengetahuan Ibu Mengenai Keputihan Fisiologi Dan Patologi di Praktek


Pada kesempatan ini saya akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada ibu-ibu mengenai tingkat keputihan. Jawaban yang ibu berikan tidak akan berdampak negatif kepada ibu-ibu. Sebelum & Sesudahnya saya ucapkan terima kasih
I.    Identitas/Biodata
Kuesioner Tingkat Pengetahuan Ibu Mengenai
Keputihan Fisiologi dan Patologi di Praktek


Nama    :
Umur    :
Agama    :
Alamat    :

II.    Petunjuak Pengisian
Sumber Informasi
Media Elektronik
Media Cetak
Tenaga Kesehatan
Lingkungan


Pilih salah satu jawaban yang menurut anda benar dengan memberikan tanda (x)
1.    Apakah yang dimaksud dengan keputihan ?
a.    Cairan yang keluar dari liang kemaluan yang berwarna merah
b.    Cairan yang keluar dari anus
c.    Cairan yang keluar dari liang kemaluan (vagina) yang berlebihan
2.    Apakah anda pernah mendengar tentang keputihan ?
a.    Sering
b.    Pernah
c.    Tidak pernah
3.    Gejala-gejala keputihan adalah ?
a.    Keluar cairan berwarna merah
b.    Keluar cairan berwarna merah kecoklat-coklatan
c.    Keluar cairan berwarna putih kekuning-kuningan
4.    Apakah anda pernah mengalami keputihan ?
a.    Sering
b.    Tidak pernah
c.    Kadang-kadang
5.    Pemakaian celana dalam yang lembab dapat menyebabkan ?
a.    Keputihan
b.    Pendarahan
c.    Sonune
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

Silahkan download selengkapnya 25 pertanyaan Kuesioner KTI Skripsi Judul
"Tingkat Pengetahuan Ibu Mengenai Keputihan Fisiologi dan Patologi di Praktek" klik dibawah
Jika Link Download diatas tidak bisa diakses silahkan Klik Link Download Cadangan Berikut:
DOWNLOAD Link cadangan 1
DOWNLOAD Link cadangan 2
DOWNLOAD Link cadangan 3

Kuesioner Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang Pemeriksaan Antenatal Care di Klinik (kode189)

KUESIONER PENELITIAN
TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANTENATAL CARE DI KLINIK TAHUN

A.    IDENTITAS RESPONDEN
Nomor responden    :  
Kuesioner Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil
tentang Pemeriksaan Antenatal Care di Klinik 


Nama    :  
Umur    :        < 20 tahun
                        20 – 35 tahun
        < 35 tahun

Paritas    :        < 20 tahun
                        20 – 35 tahun
        < 35 tahun

Pendidikan    :         SD
           SMP
           SMA
Pekerjaan    :        IRT
            Wiraswasta

Pendapatan     :        Rp. < 1.000.000,-
            Rp. 1.000.000,- - Rp. 2.000.000

I.    Kisi-kisi
-    Pengertian Kehamilan                : 1 Soal
-    Kehamilan                                  : 19 Soal
-    Pengertian Pelayanan ANC       : 1Soal
-    Pemberian Imunisasi TT              : 4 Soal
-    Kebutuhan Tambahan Zat Besi  : 3 Soal
-    Pemeriksaan Penyakit Seksual   : 2 Soal

Petunjuk :
Pilihlah jawaban yang benar dari pernyataan dibawah ini dengan memberikan tanda silang (x) sesuai dengan jawaban yang anda anggap paling benar.

B.    PERTANYAAN
1.     Yang dimaksud dengan kehamilan adalah
a.    Proses alami dan normal yang dimulai dari proses pembuahan sampai sebelum janin lahir
b.    Pertumbuhan janin
c.    Memperbanyak keturunan

2.    Lamanya hamil normal adalah
a.   8 bulan 7 hari
b.   9 bulan 7 hari
c.  10 bulan 7 hari
3.    Sesuai dengan lamanya, kehamiln dibagi menjadi ?
a.    3 triwulan
b.     4 triwulan
c.    5 triwulan
4. Salah satu tanda ibu hamil adalah ?
a.    Mual muntah
b.    Tidak haid
c.    Hasil USG
5.Apakah yang dimaksud dengan pelayanan antenatal care (ANC) ?
a.    Pelayanan / asuhan yang penting untuk ibu hamil normal
b.    Pelayanan / asuhan yang penting untuk memonitor dan memantau kesehatan ibu hamil dan janin dan mendeteksi  keadaan abnormal
c.    Pelayanan / asuhan yang penting untuk ibu hamil yang bertujuan mencegah penyakit selama kehamilan
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

Silahkan download selengkapnya 35 pertanyaan Kuesioner KTI Skripsi Judul
"Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang Pemeriksaan Antenatal Care di Klinik" klik dibawah
Jika Link Download diatas tidak bisa diakses silahkan Klik Link Download Cadangan Berikut:
DOWNLOAD Link cadangan 1
DOWNLOAD Link cadangan 2
DOWNLOAD Link cadangan 3

Kuesioner Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kab (kode188)

PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK
      
1.    Sumber Daya Manusia
•    Apotek dikelola oleh seorang apoteker yang profesional.
Kuesioner Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap
Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek


•    Apoteker senantiasa memiliki kemampuan menyediakan dan memberikan pelayanan yang baik, termasuk dalam mengambil keputusan yang tepat,mampu berkomunikasi antar profesi.
•    Apoteker mampu menempatkan diri sebagai pimpinan dalam situasi multidisipliner dan mampu mengelola SDM secara efektif.
•    Apoteker selalu belajar sepanjang karier dan membantu memberi pendidikan serta memberi peluang untuk meningkatkan pengetahuan.
2.    Sarana dan prasarana di apotek
•    Terdapat papan nama apotek.
•    Apotek memiliki ruang tunggu (tempat duduk).
•    Terdapat tempat untuk mendisplai informasi bagi pasien atau tempat brosur.
•    Ruang tertutup konseling bagi pasien.
•    Terdapat ruang racikan
•    Tersedianya tempat pencucian alat perabotan dan  apotek tertata rapi
3.    Pengelolaan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan
•    Apoteker berperan langsung dalam pengelolaan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan di apotek (pengadaan, perencanaan, dan penyimpanan).
•    Dalam perencanaan pengadaan sediaan farmasi di apotek mempertimbangkan :
1.    Kemampuan masyarakat
2.    Budaya masyarakat
3.    Pola penyakit
•    Pengadaan sediaan farmasi harus melalui jalur resmi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
•    Penyimpanan obat/bahan obat dalam wadah asli dari pabrik. Dalam hal pengecualian atau darurat dimana isi dipindahkan pada wadah lain.
•    semua bahan obat harus disimpan pada kondisi yang sesuai, layak dan menjamin kestabilan bahan.
4.    Administrasi
•    Apoteker melakukan pencatatan narkotik, psikotropik dan pengarsipan resep.
•    Apoteker membuat catatan pengobatan (medication record) untuk pasien dengan resep.
5.    Pelayanan resep
•    Skrining resep
1.    Apoteker terjun langsung dalam pelayanan resep
2.    Apoteker melakukan skrining resep meliputi persyaratan administratif, kesesuaian farmasetik dan pertimbangan klinis.
3.    Konsultasi dengan dokter penulis resep jika ada keraguan terhadap resep.
•    Penyiapan obat
a.    Apoteker terjun langsung dalam peracikan obat.
b.    Apoteker  sendiri yang menulis etiket dan menyerahkan obat pada pasien
c.    Informasi obat yang diberikan kepada pasien meliputikhasiat obat,dosis obat, cara pemakaian, frekuensi pemakaian, waktu pemakaian, lama pemakaian,  efek samping obat, makanan atau minuman yang harus dihindari atau dibatasi, aktivitas yang harus dihindari atau dibatasi, cara penyimpanan serta cara pembuangan sisa obat.
•    Konseling
a.    Apoteker memberikan konseling kepada pasien dengan atau tanpa resep.
b.    Untuk pasien penyakit kronis, apoteker memberikan konseling  rutin.
•    Monitoring penggunaan obat.
Apoteker melakukan pemantauan penggunaan obat untuk pasien penyakit kronis.       
•    Promosi dan edukasi
Apoteker berpartisipasi secara aktif dalam layanan informasi kesehatan melalui penyuluhan leaflet, brosur, atau poster.
•    Pelayanan residensial
Apoteker melakukan pelayanan kefarmasian yang bersifat kunjungan rumah (home care) untuk pasien dengan penyakit kronis.

KUISIONER KONSUMEN
Kuesioner Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kab
A.    Identitas Responden
1.     Umur    :      th
2.     Jenis kelamin    :    a. laki-laki
    b.     perempuan
3.     Pendidikan terakhir yang pernah ditempuh:
a. Tidak tamat sekolah        d. SLTA/Sederajat
b. SD/Sederajat            e. D3/S1
c. SLTP/Sederajat            f. S2/S3
4.     Pekerjaan
a. Pelajar/Mahasiswa            e. Wiraswasta
b. Pegawai negeri sipil/ABRI        f. Petani
c. Pegawai swasta            g. Lain nya......
d. Ibu rumah tangga
5.     Pendapatan yang diperoleh perbulan (Rupiah ):
a. Belum berpenghasilan        d. Rp 1.500.000 - 2.000.000
b. < 5.00.000                e. Rp 2.000.000 – 2.500.000
c. Rp 500.000 – 1.500.000        f. > Rp 2.500.000


B.    Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek
Jawablah pernyataan di bawah ini sesuai  pengamatan anda dalam menerima layanan kefarmasian di apotek dengan memberikan tanda centang “√” pada kolom yang paling sesuai dengan ketentuan:
SP    :     Sangat Penting
P    :     Penting
CP    :     Cukup Penting
KP    :    Kurang Penting
TP    :     Tidak Penting
No    PERTANYAAN    TP    KP    CP    P    SP
A.    SUMBER DAYA MANUSIA                  
1.    Apoteker berada di apotek selama jam buka                   
2.    Apoteker dapat secara cepat  memberikan pelayanan kepada pasien                  
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download) 
       
B.    SARANA DAN PRASARANA DI APOTEK                  
5.    Terdapat papan nama apotek sebagai penunjuk keberadaan apotek                  
6.    Tersedianya ruang tunggu yang nyaman di apotek                  
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download) 
                  
C.    PENGELOLAAN SEDIAAN FARMASI DAN PERBEKALAN          LAINNYA                  
10.    Obat yang disediakan di apotek dalam berbagai tingkat harga yang bisa di jangkau oleh masyarakat                  
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)                 

D.    PELAYANAN RESEP                  
    Skrining Resep                  
13.    Apoteker berperan langsung dalam melayani resep kepada pasien                   
14.    Apoteker terjun langsung  dalam melayani peracikan obat untuk pasien                  
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)                  Konseling                  
17.    Apoteker memberikan konseling dengan atau tanpa resep kepada pasien                  
18.    Apoteker memberikan konseling rutin untuk pasien penyakit kronis                  
    Monitoring penggunaan obat
19.    Apoteker melakukan pemantauan penggunaan obat untuk pasien penyakit kronis                  
    Promosi dan Edukasi                  
20.    Apoteker berpartisipasi aktif dalam layanan informasi kesehatan melalui penyuluhan leaflet, brosur atau poster kepada pasien                  
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)               

Silahkan download selengkapnya 47 pertanyaan Kuesioner KTI Skripsi Judul
"Kuesioner Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kabupaten" klik dibawah
Jika Link Download diatas tidak bisa diakses silahkan Klik Link Download Cadangan Berikut:
DOWNLOAD Link cadangan 1
DOWNLOAD Link cadangan 2
DOWNLOAD Link cadangan 3

Kuesioner Studi Persepsi Ibu Hamil pada Pelayanan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas (kode187)

PEDOMAN WAWANCARA
STUDI PERSEPSI IBU HAMIL PADA PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC)  DI PUSKESMAS KABUPATEN TAHUN

KARAKTERISTIK RESPONDEN ( PASIEN )
1    Nomor/ Kode Responden 
Kuesioner Studi Persepsi Ibu Hamil pada
Pelayanan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas

     
2    Umur     ………………Tahun

3    Pendidikan Terakhir    1. Tidak Sekolah    4. SMA
        2. Tamat SD    5. Akademi
        3. Tamat SMP    6.Perguruan Tinggi

4    Pekerjaan    1. PNS        5. Ibu  Rumah Tangga
    2. ABRI/POLRI    6. Pedagang
    3. Karyawan    7. Pensiunan
    4.Petani/Nelayan    8. Lain-lain,
    sebutkan…………

            A. HARAPAN IBU HAMIL
             Beri tanda  √ atau X pada jawaban yang anda anggap sesuai
No    Indikator    Ya    Tidak
1
     Jika ibu berobat di klinik atau polindes apakah tidak terlalu lama menunggu?      
    Jika ya sebutkan alasannya...
 Jika tidak sebutkan alasannya...      
2
     Menurut ibu dalam memberikan pelayanan tugas bersikap ramah?      
    Jika ya alasannya...
Jika tidak mengapa...      
3    Apakah ada perbedaan pelayanan diantara sesama pasien      
    Jika ya alasannya...
Jika tidak mengapa...      
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

            B. KEBUTUHAN INDIVIDU
                Beri tanda  √ atau X pada jawaban yang anda anggap sesuai

No  
Indikator  
Ya  
Tidak
1    Menurut ibu apakah pemeriksaan kehamilan selama hamil itu perlu?

    Jika ya alasannya...
Jika tidak Alasannya...      
2    Menurut ibu apakah pemberian tablet tambah darah (Fe) bagi ibu hamil itu perlu?      
    Jika ya alasannya...
Jika tidak Alasannya...      
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

         C. PENGALAMAN MASA LALU      
Beri tanda  √ atau X pada jawaban yang anda anggap sesuai
No    Indikator    Ya    Tidak
1    Dalam memberikan pelayanan apakah petugas selalu memperhatikan keluhan dan keadaan kehamilan ibu ?      
    Jika ya sebutkan...
Jika tidak mengapa...      
2    Pada saat ibu menyampaikan keluhan/masaalah apakah petugas mampu menanganinya?      
    Jika ya sebutkan...
Jika tidak mengapa...      
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

         D. PELAYANAN ANC           
Beri tanda  √ atau X pada jawaban yang anda anggap sesuai
No    Indikator    Ya    Tidak
1    Pada saat ibu diperiksa apakah petugas memakai alat - alat kesehatan?      
    Jika ya sebutkan...
Jika tidak mengapa...      
2    Apakah jam pelayanan jam pelayanan di bawah dari 12 jam perhari ?      
    Jika ya sebutkan...
Jika tidak mengapa...      
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

Silahkan download selengkapnya 30 pertanyaan Kuesioner KTI Skripsi Judul
"Studi Persepsi Ibu Hamil pada Pelayanan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas" klik dibawah
Jika Link Download diatas tidak bisa diakses silahkan Klik Link Download Cadangan Berikut:
DOWNLOAD Link cadangan 1
DOWNLOAD Link cadangan 2
DOWNLOAD Link cadangan 3

Kuesioner Studi Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas (kode186)

LEMBAR KUESIONER
Studi Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas

I.    Data Demografi dan data umum
       Pilihlah salah satu diantaranya dengan memberi tanda      pada kotak yang telah  disediakan.  
                                           Kode
1.    Pendidikan
Kuesioner Studi Eksplorasi Persepsi Ibu
tentang Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas


    1    Tidak tamat SD
2.   SD
3.   SMP
4.    SMA
5.    Akademi/PT
2.    Umur
1.        20  tahun
2.    21 – 30 tahun
3.    31 – 40 tahun
4.     40 tahun
3.    Lingkungan
      3.1 Apakah ibu-ibu disekitar lingkungan anda memberikan
            ASI Eksklusif, pada bayi usia 0 – 4 bulan ?
                                      ya         tidak
3.2    Jika tidak makanan tambahan apa yang diberikan ?
1. susu formula,,               5. bubur susu
2. jeruk,,             6. biskuit
3. pisang,             7. bubur nasi
4. pepaya,            8. nasi tim
                                      Kode
3.3    Apakah suami/keluarga yang lain mendukung anda,
     jika anda memberikan ASI Eksklusif ? ya           tidak
3.4    Apakah dilingkungan ini pernah mendapat penyuluhan
     tentang ASI Eksklusif ?               ya           tidak
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

II. Persepsi:
Pilihlah salah satu diantaranya, dengan memberi tanda  pada kotak yang disediakan:
STS    : Sangat Tidak Setuju
 TS    : Tidak Setuju
 S    : Setuju
 SS    : Sangat Setuju
             STS   TS      S       SS
1.    Prosedur pemberian                            Kode
1.1    Pada usia 0 – 4 bulan bayi ,saya beri ASI saja
1.2    Saya memberikan ASI Eksklusif pada kedua payudara secara
    bergantian
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

1.    Wawasan/pengetahuan
    4.1 Apakah anak ibu diberi ASI ? ya / tidak (coret yang tidak perlu)
      Jika ya, lanjutkan no5.2
1.2.     Sampai usia berapa anak ibu mendapat ASI?
    1. < 4 bulan      
    2. 4 –6 bulan
    3. 6- 12 bulan
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

Silahkan download selengkapnya 35 pertanyaan Kuesioner KTI Skripsi Judul
"Studi Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas" klik dibawah
Jika Link Download diatas tidak bisa diakses silahkan Klik Link Download Cadangan Berikut:
DOWNLOAD Link cadangan 1
DOWNLOAD Link cadangan 2
DOWNLOAD Link cadangan 3

Kuesioner Sikap Ibu dalam Menghadapi Rendahnya Pengetahuan Seks Remaja 16-20 Tahun (kode185)

ANGKET
SIKAP IBU DALAM MENGHADAPI RENDAHNYA PENGETAHUAN SEKS REMAJA USIA 16-20 TAHUN


Identitas
Kode Responden 
Kuesioner Sikap Ibu dalam Menghadapi
Rendahnya Pengetahuan Seks Remaja 16-20 Tahun


Petunjuk Pengisian
Isilah pertanyaan berikut ini sesuai dengan jawaban saudara. Bacalah daftar pilihan dengan teliti.
SS    : Sangat setuju
S    : Setuju
KS : Kurang setuju
TS    : Tidak setuju
STS : Sangat tidak setuju
Isilah pertanyaan dengan tanda cek (∨) pada jawaban yang anda pilih untuk setiap nomor pertanyaan.
Karena jawaban diharapkan sesuai dengan pendapat anda sendiri, maka tidak ada jawaban yang dianggap salah.

No.    Pernyataan    Pilihan
        SS    S    KS    TS    STS
1.        Pengetahuan    seks    yang    kurang    bisa
menurunkan cara berpikir remaja.                  
2.        Pengetahuan    seks    yang    kurang    bisa
menimbulkan salah persepsi.                  
3.        Remaja yang pengetahuan seksnya kurang tidak akan menimbulkan suatu masalah.                  
4.        Kurangnya pengetahuan remaja tentang seks
dapat    mengakibatkan    remaja    mudah
melakukan    aktifitas    seksual    tanpa
memperdulikan akibatnya.                  
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

Silahkan download selengkapnya 23 pertanyaan Kuesioner KTI Skripsi Judul
"Sikap Ibu dalam Menghadapi Rendahnya Pengetahuan Seks Remaja 16-20 Tahun" klik dibawah
Jika Link Download diatas tidak bisa diakses silahkan Klik Link Download Cadangan Berikut:
DOWNLOAD Link cadangan 1
DOWNLOAD Link cadangan 2
DOWNLOAD Link cadangan 3

Kuesioner Praktik Ibu dalam Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) pada Bayi Umur 6-11 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas (kode184)

DAFTAR KUESIONER PENELITIAN
PRAKTIK IBU DALAM PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) PADA BAYI UMUR 6-11 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS 

A.    Karakteristik Responden
1.    Nama Ibu
Kuesioner Praktik Ibu dalam Pemberian Makanan Pendamping
ASI (MP-ASI) pada Bayi Umur 6-11 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas


2.    Alamat
3.    Umur Ibu
4.    Pekerjaan
5.    Pendidikan terakhir
6.    Nama Ayah
7.    Umur Ayah
8.    Pekerjaan
9.    Pendidikan terakhir
10.    Nama Bayi
11.    Umur Bayi/tgl lahir
12.    Berapa jam Ibu berada di luar rumah ……    Jam        (pertanyaan khusus ibu)
13.    Penghasilan keluarga satu bulan terakhir… Rp. ….

B.    Praktek Pemberian MP-ASI Pertama Kali
1.    Pada umur berapa anak ibu mulai diberikan makanan/minuman selain ASI?
a.    Segera setelah lahir
b.    Umur 6 bulan
c.    Umur lebih dari 6 bulan
2.    Jenis makanan/minuman apa yang ibu berikan saat itu? (Jawaban boleh lebih dari satu)
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

C.    Praktek Pemberian MP-ASI Saat Ini
1.    Jenis makanan/minuman apa saja yang ibu berikan kepada anak dalam 24 jam terakhir? (Jawaban boleh lebih dari satu)
•    ASI        •    Bubur sereal instan        •    Bayam  
•    Susu formula        •    Bubur tim        •    Kangkung  
•    Air putih        •    Tim saring        •    Wortel  
•    Air tajin            •    Bubur lumat         •    Kentang  
2.    Berapa kali dalam sehari ibu memberikan MP-ASI kepada bayi?
a.    1-2 kali sehari
b.    2-3 kali  sehari
c.    3-4 kali sehari
d.    Lain-lain, sebutkan…
3.    Berapakah porsi MP-ASI yang ibu berikan pada bayi?
a.    Bubur tim lumat 2-3 sendok makan kemudian bertambah secara bertahap  ½ gelas atau 125 cc
b.    Bubur tim ½ gelas per mangkuk atau 125 cc
c.    Bubur nasi/ nasi  ¾ gelas
d.    Lainnya, sebutkan…
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

D.    Pengetahuan Tentang MP-ASI
1.    Menurut ibu, kepanjangan dari MP-ASI adalah..
a.    Makanan pengganti ASI
b.    Makanan pendamping ASI
c.    Makanan pokok ASI
d.    Tidak tahu
2.    Menurut ibu, pada umur berapakah waktu yang terbaik memberikan MP-ASI pada bayi? (misalnya pisang, air jeruk, bubur susu, dll)
a.    < 2 bulan
b.    3 bulan keatas
c.    4 bulan keatas
d.    6 bulan keatas
e.    Lainnya, sebutkan…
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

E.    Iklan/pemasaran Susu Formula
1.    Apakah ibu pernah ditawari susu formula oleh bidan atau dokter di tempat persalinan?
a.    Ya
b.    Tidak
2.    Apakah ibu pernah mendapat informasi tentang susu formula dari media elektronik seperti televisi, radio, dan internet?
a.    Ya
b.    Tidak
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

F.    Dukungan Keluarga/suami
1.    Apakah suami ibu menganjurkan untuk memberikan ASI saja sampai bayi usia 6 bulan?
a.    Ya
b.    Tidak
2.    Apakah suami, orang tua, mertua dan saudara pernah memberikan anjuran untuk memberikan MP-ASI setelah bayi berusia 6 bulan?
a.    Ya
b.    tidak
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

A.    Dukungan Petugas Kesehatan
1.    Setelah bayi lahir apakah penolong persalinan memberikan bayi ibu untuk segera disusui?
a.    Ya
b.    Tidak
2.    Apakah penolong persalinan/petugas kesehatan lain pernah menganjurkan agar ibu memberikan ASI saja sampai bayi berumur 6 bulan?
a.    Ya
b.    Tidak
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

Silahkan download selengkapnya 42 pertanyaan Kuesioner KTI Skripsi Judul
"Praktik Ibu dalam Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) pada Bayi Umur 6-11 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas" klik dibawah
Jika Link Download diatas tidak bisa diakses silahkan Klik Link Download Cadangan Berikut:
DOWNLOAD Link cadangan 1
DOWNLOAD Link cadangan 2
DOWNLOAD Link cadangan 3

Kuesioner Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Siswa tentang Bahaya Merokok Sebelum dan Sesudah Promosi Kesehatan Melalui Siaran Radio Spot (kode183)

Angket Penelitian
Perbedaan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Siswa Tentang Bahaya Merokok Sebelum dan Sesudah Promosi Kesehatan Melalui Siaran Radio Spot di SMP N 6 Tahun


A. Identitas Responden
Kode    Keterangan  
Kuesioner Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Siswa tentang
Bahaya Merokok Sebelum dan Sesudah Promosi Kesehatan Melalui Siaran Radio Spot


A.1    Nomor Responden  

A.2    Nama  
A.3    Umur    .............. Tahun.
A.4    Jenis Kelamin    1. Laki-laki                2. Perempuan
A.5    Alamat                                                              Hp:
A.6    Kelas     1.    Tujuh (Satu)   2.  Delapan (Dua)  3. Sembilan (tiga)

B.  Pengetahuan tentang Bahaya Merokok
Adik-adik pilihlah salah satu jawaban yang disediakan dari masing-masing pertanyaan yang ada dibawah ini, dengan memberi tanda “√” pada jawaban yang adik pilih
Kode    Pertanyaan
B.1    Apakah adik tahu di dalam rokok terkandung kurang lebih 4000 bahan kimia...
1.         ya
2.         Tidak
98.         Lainya......
99.         Tidak tahu ......
B.2    Apakah bahan kimia utama yang terkandung dalam rokok seperti Tar, Nikotin, dan Monoksida merupakan racun?
1.       ya
2.       Tidak
98.         Lainnya....
99.         Tidak tahu
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

C.  Sikap terhadap Bahaya Merokok
Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini dengan membubuhkan tanda silang (√) pada kotak: Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Ragu-Ragu (R), Tidak Setuju (TS), Sangat Tidak Setuju (STS).
Kode    Pernyataan    SS    S    R    TS    STS
C.1    Merokok bahaya untuk kesehatan tubuh.                  
C.2    Dengan merokok dapat menambah kepercayaan diri.                  
C.3    Tidak satupun orang ingin menderita serangan jantung akibat rokok.                  
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

D.  Tindakan  Bahaya Merokok
Pilihlah jawaban pada pilihan jawaban yang  tersedia dengan cara memberi tanda “√”  di jawaban yang responden pilih.
Kode    Pertanyaan
D.1    Apakah adik perokok saat ini?
(Jika jawaban Ya lanjut ke pertanyaan D.2)
1.      Ya
2.      Tidak
D.2    Berapa banyak batang rokok yang andik habiskan satu hari?
1.        ≤ 4 batang perhari
2.        5 – 14 batang perhari
3.        ≥ 15 batang perhari
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

Silahkan download selengkapnya 26 pertanyaan Kuesioner KTI Skripsi Judul
"Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Siswa tentang Bahaya Merokok Sebelum dan Sesudah Promosi Kesehatan Melalui Siaran Radio Spot" klik dibawah
Jika Link Download diatas tidak bisa diakses silahkan Klik Link Download Cadangan Berikut:
DOWNLOAD Link cadangan 1
DOWNLOAD Link cadangan 2
DOWNLOAD Link cadangan 3

Kuesioner Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Kesehatan Reproduksi Remaja pada Siswa SMA dan SMA (kode182)

Kuesioner Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Terhadap
Perilaku Kesehatan Reproduksi Remaja pada Siswa SMA dan SMA
KUESIONER
Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Kesehatan Reproduksi Remaja pada Siswa SMA dan SMA

PERHATIAN :
Tujuan survei ini adalah untuk :
1.    memperoleh informasi secara komprehensif  mengenai pengetahuan, sikap, dan perilaku remaja tentang kesehatan reproduksi remaja (KRR), IMS dan HIV/AIDS.
2.    Memperoleh informasi tentang perbedaan tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku kesehatan reproduksi remaja pada siswa SMA 2 ............... dan SMA.............
3.    Memperoleh rancangan strategi intervensi kesehatan reproduksi remaja (KRR), IMS dan HIV/AIDS bagi remaja sekolah
4.    Mengidentifikasi kebutuhan remaja terhadap layanan program KRR dan HIV/AIDS spesifik remaja berbasis sekolah
5.    Pengembangan program Kesehatan Reproduksi Remaja.
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

DATA ANAK SEKOLAH / RESPONDEN
NOMOR RESPONDEN   
UMUR  
JENIS KELAMIN     1. Laki-laki
 2. Perempuan  
ASAL SEKOLAH     1. SMA 2 ...............
 2. SMA.............  

A.    PENGETAHUAN
1.    Laki-laki disebut matang secara seksual apabila : 
a.    Sudah dikhitan
b.    Mengalami mimpi basah
c.    Pernah melakukan hubungan seksual
d.    Tidak tahu
2. Perempuan dianggap mulai matang secara seksual apabila (Jawaban boleh lebih dari satu)
a.    Tumbuh payudara
b.    Mengalami menstruasi
c.    Pernah melakukan hubungan seksual
d.    Tidak tahu
3. Darimana anda memperoleh pengetahuan tersebut ? (Jawaban boleh lebih dari satu)
a.    Orang tua
b.    Guru
c.    Teman
d.    Media cetak
e.    Media elektronik
4.  Penyakit kelamin yang anda ketahui (Jawaban boleh lebih dari satu)
a.    Rajasinga/sifilis
b.    Kencing nanah/Gonorhoe
c.    HIV/AIDS
d.    Herpes
e.    Kutil kelamin
f.    Kutu kelamin
g.    Tidak tahu
5.   Cara-cara/proses penularan penyakit kelamin (Jawaban boleh lebih dari satu)
a.    Hubungan seks
b.    Berciuman
c.    Bersalaman/bersentuhan dengan penderita
d.    Memakai barang penderita
e.    Memakai jarum suntik secara bergantian
f.    Transfusi darah
g.    Ibu kepada anak yang dilahirkan
h.    Tidak tahu
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

B.    SIKAP
1.    Masa remaja adalah masa yang harus dilalui sebebas-bebasnya karena masa remaja tidak mungkin terulang lagi
a.    Setuju
b.    Tidak setuju
2.    Merokok, mabuk-mabukan, menyalahgunakan narkoba adalah gaya hidup remaja yang gaul :
a.    Setuju
b.    Tidak setuju
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

C.  PERILAKU
1. Apakah anda pernah/sedang pacaran ?
a.    Pernah
b.    Tidak pernah (Lanjut ke pertanyaan nomor 5)
2. Usia berapa pertama kali anda berpacaran ?
a.    < 12 tahun
b.    12 – 14 tahun
c.    15 – 17 tahun
d.    18 – 20 tahun
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

D. PENGEMBANGAN PELAYANAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA
1.  Apakah anda tahu di Puskesmas atau di sekitar tempat tinggal anda ada pelayanan kesehatan reproduksi Remaja ?
a.    Ya
b.    Tidak
2.  Pernahkah anda menggunakan jasa pusat pelayanan remaja di daerah anda?
a.    Pernah
b.    Tidak pernah
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

Silahkan download selengkapnya 32 pertanyaan Kuesioner KTI Skripsi Judul
"Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Kesehatan Reproduksi Remaja pada Siswa SMA dan SMA" klik dibawah
Jika Link Download diatas tidak bisa diakses silahkan Klik Link Download Cadangan Berikut:
DOWNLOAD Link cadangan 1
DOWNLOAD Link cadangan 2
DOWNLOAD Link cadangan 3




Kuesioner Penilaian Standar Pelayanan Rumah Sakit Melalui Kepatuhan Prosedur Kerja di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (kode181)

KUESIONER
PENILAIAN STANDAR PELAYANAN RUMAH SAKIT MELALUI KEPATUHAN PROSEDUR KERJA DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT


A.    Identitas Responden
Nama        :
NIM        :
Jenis kelamin    :
Usia        :
Laboratorium    :
      Nilai IPK              :

B.    Berilah tanda  () pada jawaban pilihan anda dan sesuai dengan laboratorium yang anda ikuti.
I.     LABORATORIUM BEDAH MULUT 
Kuesioner Penilaian Standar Pelayanan Rumah Sakit
Melalui Kepatuhan Prosedur Kerja di Rumah Sakit Gigi dan Mulut
Prosedur ekstraksi gigi di laboratorium bedah mulut, yaitu:

NO    Pertanyaan    SOP
(Standar Operating prosedur)    Pelaksanaan
        Ya    Tidak    Ya    Tidak
1    Kelengkapan pra ekstraksi
a.    Operator menggunakan masker
b.    Operator menggunakan hand scoon
c.    Pasien menggunakan lap dada              
2    Persiapan alat, yaitu:
a.    Kaca mulut
b.    Sonde lurus
c.    Sonde setengah lingkaran
d.    Pinset dengan ujung berkerat
e.    Ekskavator
f.    Tempat tampon
g.    Tempat kotoran
h.    Petridish bersekat
i.    Neirbeaken
j.    Tempat alkohol (deppen glass)
k.    Syringe untuk anastesi lokal
l.    Alat pencabut gigi ( tang dan elevator sesuai gigi yang diekstraksi)              
3    Persiapan bahan, yaitu:
a.    Tampon steril
b.    Antiseptik desinfektan
c.    Anastesi lokal
d.    Analgetik / antibiotik bila perlu              
4    Ada persetujuan lisan dari penderita dan atau keluarganya.              
5    Asepsis daerah  yang akan dilakukan tusukan jarum anastesi lokal.              
6    Anastesi lokal (sesuai dengan keadaan umum penderita).              
7    Ekstraksi gigi.              
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

II. LABORATORIUM ORAL MEDICINE
    Prosedur kerja perawatan ulkus traumatikus di laboratorium oral medicine yaitu:
NO    Pertanyaan    SOP
(Standar Operating Procedure)    Pelaksanaan
        Ya    Tidak    Ya    Tidak
1    Pasien mengikuti prosedur penerimaan di klinik penyakit mulut              
2    Kelengkapan pra perawatan
a.    Operator menggunakan masker
b.    Operator menggunakan hand scoon
c.    Pasien menggunakan lap dada               
3    Persiapan alat dan bahan, yaitu:
a.    Kaca mulut
b.    Sonde lurus
c.    Sonde setengah lingkaran
d.    Pinset dengan ujung berkerat
e.    Ekskavator
f.    Tempat tampon
g.    Tempat kotoran
h.    Petridish bersekat
i.    Neirbeaken
j.    Tempat alkohol (deppen glass)
k.    Obat-obat topikal untuk penyakit mulut.              
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

III.     LABORATORIUM KONSERVASI GIGI
Prosedur kerja dalam melakukan perawatan pulpektomi di laboratorium konservasi gigi, yaitu:
NO    Pertanyaan    SOP
(Standart Operating Procedure)    Pelaksanaan
        Ya    Tidak    Ya    Tidak
1    Kelengkapan pra perawatan
a.    Operator menggunakan masker
b.    Operator menggunakan hand scoon
c.    Pasien menggunakan lap dada              
2    Persiapan alat dan bahan, yaitu:
a.    Kaca mulut
b.    Sonde lurus
c.    Sonde setengah lingkaran
d.    Pinset dengan ujung berkerat
e.    Ekskavator
f.    Tempat tampon
g.    Tempat kotoran
h.    Petridish bersekat
i.    Neirbeaken
j.    Tempat alkohol (deppen glass)
k.    Semen spatula
l.    Contra angle high speed atau low speed
m.    Macam-macam mata bur diamond highspeed
n.    Jarum miller
o.    Jarum ekstirpasi
p.    File
q.    reamer
r.    Alat irigasi
s.    Alat pengukur
t.    Stopper karet
u.    Jarum lentulo
v.    Spreader
w.    Root canal plugger
x.    Lampu spiritus
y.    Cotton roll
z.    Cotton pellet dan tampon              
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

IV.      LABORATORIUM PERIODONSIA
Prosedur pembersihan karang gigi (scalling) di laboratorium periodonsia, yaitu:
NO    Pertanyaan    SOP
(Standart Operating Procedure)    Pelaksanaan
        Ya    Tidak    Ya    Tidak
1    Kelengkapan pra perawatan
a.    Operator menggunakan masker
b.    Operator menggunakan hand scoon
c.    Pasien menggunakan lap dada              
2    Persiapan alat dan bahan, yaitu:
a.    Kaca mulut
b.    Sonde lurus
c.    Sonde setengah lingkaran
d.    Pinset dengan ujung berkerat
e.    Ekskavator
f.    Tempat tampon
g.    Tempat kotoran
h.    Petridish bersekat
i.    Neirbeaken
j.    Tempat alkohol (deppen glass)
k.    Contra angle lowspeed
l.    Alat pulas
m.    Cotton roll
n.    Cotton pellet
o.    Tampon
p.    Sickle
q.    Hoe
r.    File
s.    Kuret
t.    Probe periodontal
u.    Pasta pembersih (cryth)
v.    Bubuk abrasif              
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

C.     Berilah tanda silang (X) pada jawaban pilihan anda.
I.    Sarana dan prasarana
1.    Menurut anda apa RSGM itu?
a.    Rumah Sakit Gigi dan Mulut
b.    sebuah rumah sakit
c.    tempat praktek mahasiswa FKG
2.    Apakah sudah terdapat loket untuk pelayanan administrasi di RSGM?
a.    sudah
b.     belum
c.     tidak tahu
3.    Menurut anda, jika pasien datang berobat ke RSGM, pasien ke mana dahulu?
a.    loket pendaftaran RSGM
b.    langsung ke klinik gigi yang dituju
c.     tidak tahu
4.    Menurut anda, apakah RSGM sudah memiliki pelayanan kedaruratan?
a.     sudah
b.     belum
c.     tidak tahu
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

II. Pengetahuan
13.   Menurut anda siapakah yang seharusnya menangani pasien di RSGM?
a.    dokter gigi dan mahasiswa
b.    dokter gigi saja
c.    mahasiswa saja
14. Menurut anda, setiap kali menangani pasien apakah perlu menggunakan         masker dan sarung tangan?
a.    ya
b.    tidak
c.    tidak tahu
15.    Dimanakah posisi anda ketika memakai sarung tangan?
a.    di depan pasien
b.    di samping pasien
c.    di belakang pasien
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

III.    Tanggung jawab
18.     Cuci tangan sebelum melakukan bekerja sebaiknya menggunakan?
a.    sabun dan di bawah air mengalir
b.    sabun dan di baskom
c.    air dan alkohol
19.     Pada saat anda mencuci alat apakah anda menggunakan sarung tangan?
a.    ya
b.    tidak
c.    tidak tahu
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

Lampiran C . Lembar Observasional
I.     LABORATORIUM BEDAH MULUT
Prosedur ekstraksi gigi di laboratorium bedah mulut, yaitu:

NO    Pertanyaan    Ya    Tidak
1    Kelengkapan pra ekstraksi
a.    Operator menggunakan masker
b.    Operator menggunakan hand scoon
c.    Pasien menggunakan lap dada      
2    Persiapan alat, yaitu:
a.    Kaca mulut
b.    Sonde lurus
c.    Sonde setengah lingkaran
d.    Pinset dengan ujung berkerat
e.    Ekskavator
f.    Tempat tampon
g.    Tempat kotoran
h.    Petridish bersekat
i.    Neirbeaken
j.    Tempat alkohol (deppen glass)
k.    Syringe untuk anastesi lokal
l.    Alat pencabut gigi (tang dan elevator sesuai gigi yang akan diekstraksi))      
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

II. LABORATORIUM ORAL MEDICINE
    Prosedur kerja perawatan ulkus traumatikus di laboratorium oral medicine yaitu:

NO
    Pertanyaan    Ya  
Tidak

1    Pasien mengikuti prosedur penerimaan di klinik penyakit mulut      
2    Kelengkapan pra perawatan
a.    Operator menggunakan masker
b.    Operator menggunakan hand scoon
c.    Pasien menggunakan lap dada       
3    Persiapan alat dan bahan, yaitu:
a.    Kaca mulut
b.    Sonde lurus
c.    Sonde setengah lingkaran
d.    Pinset dengan ujung berkerat
e.    Ekskavator
f.    Tempat tampon
g.    Tempat kotoran
h.    Petridish bersekat
i.    Neirbeaken
j.    Tempat alkohol (deppen glass)
k.    Obat-obat topikal untuk penyakit mulut.      
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

IV.     LABORATORIUM KONSERVASI GIGI
Prosedur kerja dalam melakukan perawatan pulpektomi di laboratorium konservasi gigi, yaitu:
NO    Pertanyaan    Ya    Tidak
1    Kelengkapan pra perawatan
a.    Operator menggunakan masker
b.    Operator menggunakan hand scoon
c.    Pasien menggunakan lap dada      
2    Persiapan alat dan bahan, yaitu:
a.    Kaca mulut
b.    Sonde lurus
c.    Sonde setengah lingkaran
d.    Pinset dengan ujung berkerat
e.    Ekskavator
f.    Tempat tampon
g.    Tempat kotoran
h.    Petridish bersekat
i.    Neirbeaken
j.    Tempat alkohol (deppen glass)
k.    Semen spatula
l.    Contra angle high speed atau low speed
m.    Macam-macam mata bur diamond highspeed
n.    Jarum miller
o.    Jarum ekstirpasi
p.    File
q.    reamer
r.    Alat irigasi
s.    Alat pengukur
t.    Stopper karet
u.    Jarum lentulo
v.    Spreader
w.    Root canal plugger
x.    Lampu spiritus
y.    Cotton roll
z.    Cotton pellet dan tampon      
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

IV.      LABORATORIUM PERIODONSIA
Prosedur pembersihan karang gigi (scalling) di laboratorium periodonsia, yaitu:
No    Pertanyaan    Ya
    Tidak
1    Kelengkapan pra perawatan
a.    Operator menggunakan masker
b.    Operator menggunakan hand scoon
c.    Pasien menggunakan lap dada      
2    Persiapan alat dan bahan, yaitu:
a.    Kaca mulut
b.    Sonde lurus
c.    Sonde setengah lingkaran
d.    Pinset dengan ujung berkerat
e.    Ekskavator
f.    Tempat tampon
g.    Tempat kotoran
h.    Petridish bersekat
i.    Neirbeaken
j.    Tempat alkohol (deppen glass)
k.    Contra angle lowspeed
l.    Alat pulas
m.    Cotton roll
n.    Cotton pellet
o.    Tampon
p.    Sickle
q.    Hoe
r.    File
s.    Kuret
t.    Probe periodontal
u.    Pasta pembersih (cryth)
v.    Bubuk abrasif      
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

Lampiran D. Prosedur Kerja di RSGM
I.  Prosedur Kerja di Laboratorium Bedah Mulut
A. Prosedur tetap penanganan merawat pasien di Laboratorium Bedah Mulut,yaitu:
1.    Sebelum dan sesudah melaksanakan perawatan pasien, mahasiswa harus melapor  kepada dosen pembimbing. Tidak ganti dosen pembimbing kecuali sepengetahuan pembimbing sebelumnya atau pembimbing terakhir menerima limpahan tugas dari pembimbing sebelumnya.
2.    Siapkan dental unit yang akan digunakan,  pastikan berfungsi baik dan bersih.
3.    Pada waktu memeriksa pasien, mahasiswa harus memakai masker dan sarung tangan , dan mengenakan tutup kepala ( khusus untuk tindakan di kamar operasi)
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

B.    Prosedur ekstraksi gigi di Laboratorium Bedah Mulut, yaitu:
1.    Periksa kelengkapan pra ekstraksi, yaitu operator menggunakan masker dan hand scoon, pasien menggunakan lap dada.
2.    Persiapan alat, yaitu kaca mulut, sonde lurus, sond setengah lingkaran, pinset dengan ujung berkerat, ekskavator, tempat tampon, tempat kotoran, petridish berseker, neirbeaken, tempat alkohol ( deppen glass), syringe untuk anastesi lokal dan alat pencabut gigi ( tang dan elevator).
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

II. Prosedur kerja di Laboratorium Periodonsia
A.    Prosedur pembersihan karang gigi (scalling) di Laboratorium Periodonsia, yaitu:
1.    Pembersihan karang gigi supragingiva.
2.    Pembersihan karang gigi sub gingiva dn root planning.
3.    Memoles seluruh permukaan gigi.
4.    Gingiva diolesi antiseptik
dan seterusnya ............... (lebih lengkap silahkan klik Download)

Silahkan download selengkapnya 120 pertanyaan Kuesioner KTI Skripsi Judul 
"Penilaian Standar Pelayanan Rumah Sakit Melalui Kepatuhan Prosedur Kerja di Rumah Sakit Gigi dan Mulut" klik dibawah
Jika Link Download diatas tidak bisa diakses silahkan Klik Link Download Cadangan Berikut:
DOWNLOAD Link cadangan 1
DOWNLOAD Link cadangan 2
DOWNLOAD Link cadangan 3